Jumat, 18 Januari 2019

Ratu Semut Rang rang

Ratu Semut Rangrang


Apa itu ratu semut rangrang ?
Ratu semut rangrang bagi masyarakat awam tentu tidak memiliki nilai arti, tapi lain halnya bagi pembudidaya atau peternak semut rangrang, bagi mereka ratu semut rangrang merupakan mesin pencetak puing-puing rupiah. bagi para pembudidaya dan peternak semut rangrang memiliki nilai plus yang sangat tinggi, bagaimana tidak ratu semut rangrang dapat menghasilkan telur atau yang suka disebut kroto sebanyak 1000 telur per menit, tidak hanya pakar dalam menghasilkan telur dengan jumlah banyak, ratu semut rangrang juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, harga ratu semut rangrang di pasaran mencapai 50.000,- per ekor. wooow fantastis yaaah.

Ciri-ciri ratu semut rangrang
  • Ratu semut rangrang berwarna merah ke hijau-hijauan.
  • Ukuran ratu semut rangrang bisa mencapai 10 kali lipat dari ukuran semut rangrang biasa
  • Ratu semut rangrang selalu dilindungi atau di kerubungi oleh semut rangrang lainya
  • Ratu semut rangrang tidak bekerja dan tidak mencari makan
  • Selalu bertempat diatas diantara semut-semut rangrang lainya
  • Tidak pernah keluar ataupun berpindah tempat
Fungsi ratu semut rangrang
Ratu semut rangrang memiliki memiliki fungsi yangsangat besar baik untuk koloninya sendiri maupun bagi para peternak dan pembudidaya dan berikut adalah beberapa fungsi ratu semut rangrang secara rinci :
  1. Ratu semut rangrang sebagai fertilitas. pernahkah anda mengetahui perkawinan haploid ratu semut rangrang ? perkawinan ini terjadi dengan keadaan ratu semut rangrang kawin dengan beberapa ekor pejantandalam proses ini ratu semut rangrang menyimpan sperma pejantan dalam kantung sperma pada perut ratu semut rangrang, sperma itulah yang digunakan untuk membuahi telur ratu seumur hidup. ada yang lebih unik dari hal ini, yaitu fertilitas semut pekerja. semut pekerja meiliki alat kelamin yang secara fisik non aktif dan mereka pun tak bisa mendapatka sperma langsung dari pejantan, lalu bagaimanakah semut pekerja bisa bertelu ?? Semut pekerja setelah bisa berjalan dan mendapatkan makanan semut pekerja akan mendatangi sang ratu untuk meminta bagian sperma yang akan di gunakan untuk seumur hidupnya juga al hasil, jika semut di budidaya tanpa ratu hanya akan bertahan seumur dua generasi antara 3-7 bulan. waktunya relatif tergantung usia pekerja fertil ketika dipindahkan. Tanda-tanda kepunahan ratu semut rangrang adalah banyaknya semut dewasa tanva ada larva baru yang muncul dan semut terlihat lebih besar ukurannya, warnanyapun berbeda lebih gelap, cenderung ke arah merah tua dan tidak ada sarang baru   
  2. Fungsi ratu semut rangrang sebagau prodiktifitas. Ratu semut rangrang bisa di katakan sebagai pokok perkembangan populasi dari suatu koloni semut rangrang, ratu semut rangrang tidak pernah bergerak aktif karna ratu semut rangrang bertugas hanya untuk bertelur, ratu semut rangrang tidak pernah berburu, bahkan sang ratu ini selalu di suapi semut pekerja ketika makan setelah selesai memberi makan ratu, semut pekerja bertugas mengatur tata letak telur ratu semut.
  3. Musim munculnya ratu semut rangrang. Ratu semut rangrang akan muncul setelah pergantian musim karna semut termasuk dalam kategori Laron, sehingga secara mekanisme munculnya ratu hampir sama seperti Laron. ratu semut rangrang akan muncul jika terjadi pergantian musim. Yaitu dari musim penghujan ke musim kemarau, jadi untuk ukuran bulan, munculnya calon ratu semut rangrang tidak bisa di prediksi hal ini karena indonesia memiliki iklim tropis 
Demikian penjelasan mengenai ratu semut rangrang semoga bermanfaat.

silahkan tonton juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak