Selasa, 18 Desember 2018

Cara mudah mengunci dan membuka protect Microsoft Word


Cara Mengunci atau memprotect microsoft Word sekaligus cara membuka dokumen yang di kunci


Microsoft word merupakan sebuah software yang kebanyakan digunakan untuk menulis atau mengetik, salah satu fitur yang cukup bermanfaat yang ditawarkan oleh microsoft word adalah fitur keamanan untuk mengunci dokumen microsoft word.

Dengan adanya fitur pengunci file  ini maka  dokumen microsoft word tidak akan bisa dibuka oleh orang lain, kecuali mengetahui password untuk membukanya.

Tapi sayangnya masih banyak pengguna mincrosoft word yang belum memanfaatkan fitur pengunci ini, bahkan ada saja yang sudah tau fitur ini namun masih belum tau cara menggunakannya.

Oleh karena itu di artikel sederhana ini saya akan coba memberikan tutorial sederhana bagaimana cara mengunci dokumen microsoft word sehingga terjamin kerahasiahanya.

berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.         Bukalah Dokumen yang akan di kunci
2.         Pada dukumen yang sudah terbuka, klik
File (ada di bagian pojok kiri atas) lalu klik → Info lalu klik → Protect Document

Setelah klik Protect Document maka pilih → Encript with Password.

3.        Berikutnya akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, ketikkan password yang anda inginkan pada kotak yang telah disediakan, carilah password yang mudah anda ingat! Lalu tekan Ok.


4.         Selanjutnya akan muncul kotak dialog konfirmasi password seperti terlihat pada gambar dibawah ini, pada kotak yang telah disediakan ketikkan kembali password yang tadi sudah anda input sebelumnya, dan klik OK.


5.         Sebelum anda tutup dokumen yang anda proteksi tadi jangan lupa menyimpan dokumen tersebut terlebih dahulu dengan mengklik Save.


Untuk memastikan apakah pekerjaan anda berhasil, selanjutnya anda dapat menutup dokumen anda lalu coba buka kembali,

Jika pekerjaan anda tadi berhasil maka akan muncul kota dialog yang meminta anda untuk memasukkan password yang sudah anda masukkan tadi.



Selanjutnya Untuk membuka dokumen yang di kunci maka anda dapat melakukan langkah yang sama seperti di atas. Yaitu klik → File → Info → Protect Document plih Encript Document  lalu hapus password nya.
Selesai...... semoga bermanfaat
untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah ini :

Sekian dan Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan bijak